+6281328999230

Tips Mudik Aman Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Bulan ramadan sudah masuk di pertengahan, pertanda musim mudik telah tiba. Bagi perantauan atau pekerja migran, mudik lalu berkumpul bersama sanak-saudara menikmati kebersamaan hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang dinanti-nantikan. Mudik atau ‘Mulih Dhisik’ atau pulang sebentar ke kampung halaman sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia, dan Sudah sejak dulu hingga sekarang mudik telah menjadi salah satu tradisi khas lebaran di Indonesia.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mudik lebarab baik dengan transportasi umum atau pribadi maupu pilihan mudik dengan transportasi darat, udara atau laut. Untuk pemilihan transportasi umum, mudik biasanya dilakukan jauh-jauh hari guna mengantisipasi kenaikan harga tiket kendaraan umum seperti kereta api, bus, pesawat terbang dan kapal laut.

Umumnya, semakin dekat dengan hari raya maka harga tiket juga melambung kian tinggi dibandingkan dengan tiket di luar hari besar. Tidak heran jika sekarang orang-orang lebih memilih mudik dengan menggunakan transportasi pribadi baik mobil dan sepeda motor. Karena ini bisa menekan biaya lebih rendah.

Nah disini Batari Tour and Travel akan berbagi tips nih, tentang mudik menggunakan kendaraan pribadi yang aman, semoga bermanfaat ya

Periksa Kondisi Kendaraan

Hal utama dan paling penting dilakukan sebelum mudik adalah memeriksa kondisi kendaraan terlebih dulu. Lakukan cek mobil atau motor ke bengkel terdekat. Kondisi kendaraan akan menjadi faktor terpenting dan paling berpengaruh pada keselamatan dan keluarga .

Usahakan untuk periksa mesin, rem, oli, air bag dan roda, pastikan semuanya dalam kondisi baik. Jangan meremehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan di jalan dikarenakan kondisi kendaraan kurang layak untuk dipakai mudik.


Hindari Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas Kendaraan

Untuk keselamatan dan kenyamanan ketika mudik, sebaiknya hindari mengangkut beban atau orang yang melebih kapasitas dari kendaraan . karena setiap kendaraan didesain untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing. Beri ruang juga untuk barang-barang yang akan di bawa saat mudik.

Bawa Uang Tunai Cukup

Membawa uang tunai tergolong penting di saat perjalanan mudik. Sebab, selama perjalanan menuju kampung halaman, tidak selalu ada mesin ATM dan tidak semua toko bisa dibayar dengan kartu kredit maupun debit, sehingga membawa uang tunai yang cukup adalah sebuah keharusan. Bawa uang tunai secukupnya untuk perjalanan terutama receh, siapa tau harus berhenti untuk membayar toilet, beli snack maupun mengisi bahan bakar kendaraan.

Patuhi Lalu Lintas

Ini adalah hal yang terpenting, Selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas saja dan berkendara sesuai dengan kecepatan normal. Tidak perlu mengebut maupun mendahului , terobos rambu lalu lintas, yang nantinya bisa berujung kecelakaan di jalan yang merugikan keselamatan.

Istirahat Jika Lelah atau Ngantuk

Perjalanan yang jauh dan macet akan membuat badan lelah. Jangan paksakan diri untuk terus mengemudi saat ngantuk maupun kelelahan. Ambillah waktu untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat, misalnya di pom bensin terdekat atau tenda-tenda peristirahatan terdekat yang biasanya di setiap ruas jalan atau kota di sediakan oleh masyarakat sekitar saat lebaran. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *