+6281328999230

Bagaimana Syarat Untuk Membuat Visa Ke Jepang

Jepang adalah salah satu negeri dengan kunjungan wisata yang cukup populer di kalangan para traveller. Beberapa pengalaman kami mengantar para  peserta  batari tour and travel ke Jepang sebagian memang tidak ingin ribet. Mereka selalu minta di bantu untuk membuatkan Visa, khususnya ketika saat melakukan traveling ke negeri sakura tersebut.

Khususnya sebagai WNI Salah satu hal terpenting yang harus dipersiapkan sejak awal adalah visa Jepang. Sementara itu, pengurusan visa Jepang untuk WNI pemegang paspor biasa memang harus melalui proses yang lebih banyak di banding yang sudah menggunakan e-paspor.

Bagi traveller pemula mungkin terkesan rumit, pengajuan visa Jepang untuk WNI sebenarnya sangat mudah asal mengikuti semua prosedur yang ada. disini kami akan bahas satu persatu bagaimana pengajuan Visa Jepang tersebut.

Ketahui Jenis Visa

Sebelum mengajukan visa Jepang, traveller harus mengetahui jenis visa  apa yang akan digunakanJ. JIka hanya ingin sekedar jalan-jalan dan berwisata di Jepang, bisa mengajukan visa kunjungan wisata. Visa kunjungan wisata sendiri terbagi menjadi dua tipe yaitu visa single entry (sekali masuk) dan multiple entry (berkali-kali). Visa single entry hanya berlaku untuk sekali kunjungan ke Jepang sementara visa multiple entry bisa digunakan untuk kunjungan berkali-kali dengan masa berlaku hingga 5 tahun

Dokumen yang di Perlukan untuk Membuat Visa Jepang

  1. Paspor.
  2. Formulir permohonan visa, yang bisa di download di sini.
  3. Pas foto terbaru berukuran 4.5 X 4.5 cm yang diambil 6 bulan terakhir dengan latar belakang putih. Pas foto harus jelas, tidak buram dan bukan hasil editing.
  4. Foto kopi KTP (Surat Keterangan Domisili).
  5. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (khusus pelajar atau mahasiswa).
  6. Bukti pemesanan tiket pesawat. Dokumen ini harus bisa membuktikan tanggal masuk dan keluar Jepang.
  7. Itinerary/Jadwal Perjalanan, formatnya bisa di download di sini dan lengkapi dengan semua kegiatan perjalananmu mulai dari masuk hingga keluar Jepang.
  8. Kalau pemohon visa lebih dari satu, fotokopi dokumen seperti kartu keluarga dan akta kelahiran diperlukan untuk menunjukkan hubungan dengan pemohon.
  9. Surat Keterangan Bekerja (kalau ada).
  10. Fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab biaya perjalanan bukan pemohon visa seperti ayah/ibu / perusahaan yang menyeponsori,  juga harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya).

Tips Mengajukan Permohonan Visa Jepang untuk WNI

  1. Pastikan semua dokumen-dokumen aplikasi visa sudah disediakan dengan lengkap. Permohonan visa hanya akan diproses apabila semua persyaratan sudah terpenuhi.
  2. Dokumen-dokumen aplikasi visa yang akan diserahkan tidak boleh distaples. Dokumen harus menggunakan klip kertas untuk menyatukan dokumen tersebut.
  3. Gunakan kertas dengan ukuran A4 untuk semua dokumen aplikasi visa, termasuk untuk fotokopi KTP. Jangan potong kertas hasil fotokopianmu ya!
  4. Tempelkan foto dengan lem agar benar-benar merekat dan tidak terlepas dari aplikasi visa.
  5. Semua dokumen harus diajukan dalam kondisi rapi, tidak boleh dilipat atau tertekuk.
  6. Permohonan visa hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing-masing.Selengkapnya bisa membaca informasi tentang wilayah yurisdiksi di sini.

Oh iya sekedar info, Batari Tour Travel juga menerima jasa pengurusan pembuatan Visa, kontak kami ya jika perlu bantuan di WA 08113339975 atau Telp 0271-7465999

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *