+6281328999230

Tips Supaya Terhindar dari Random Security Check Imigrasi Saat Ke Negeri Seberang

Apa sih sebenarnya Random Imigration check? Bagi sebagian para traveller yang berpergian ke luar negeri Random Imigration Check atau Security Chek menjadi momok yang menakutkan bagi para traveler. Biasanya petugas akan memeriksa kelengkapan surat-surat dan dokumen izin tinggal. Masa berlaku passport, visa kunjungan, tiket perjalanan kembali ke negara asal, bukti pemesanan hotel, itinerary perjalanan, dan deposito uang yang dibawa selama liburan jadi hal utama yang akan diperiksa petugas imigrasi.

Meski semua dokumen tersebut di atas sudah lengkap, akan tetapi banyak kejadian tersebut menjadi kendala bagi para traveller yang bepergian ke negara-negara maju dan ketat saat melakukan cek para traveller yang masuk ke gerbang imigrasi. Lalu seperti apa sih tips yang bisa di lakukan untuk menghindari Random Security Check khususnya di negara-negara seperti Singapura, Jepang dan Negara maju lainnya? Yuk Simak..

Kemampuan Bahasa Inggris

Jika bepergian keluar negeri hendaknya minimal para traveller harus mampu berbicara bahasa inggris secara basic. Hal ini menghindari kita supaya tidak terlalu bodoh dalam berkomunikasi dengan orang asing. Karena bahasa inggris adalah bahasa pakem untuk dunia Internasional.

Sebaliknya, jika ngomong bahasa Inggristidak bisa , petugas imigrasi akan beranggapan bahwa traveller tersebut hanya akan menyusahkan selama liburan di sana. Menurut beberapa petugas imigrasi turis asing yang kurang bisa berbahasa Inggris akan mendapatkan pengecekan petugas lebih ketat. Terkecuali dia bepergian bersama rombongan atau Agent Tour

Nama Hanya Terdiri dari Satu Kata

Maraknya kasus terorisme yang terjadi, membuat negara-negara dunia makin memperketat penjagaan di bagian imigrasi. Saking ketatnya, bahkan nama turis asing dalam passport pun dicurigai. Khususnya nama-nama yang berbau timur tengah. Ternyata berpakaian rapi dan mampu berbahasa inggrislah tidaklah cukup. Namun apa boleh buat, nama adalah bawaan sejak lahir dan pemberian orang tua.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal seperti ini? Jika mengalami hal mengenai nama di usahakan  tetaplah tenang. Jawablah pertanyaan dengan santai, jangan gugup atau pun membantah. Tunjukkan tiket perjalanan pulang, bukti booking hotel, tempat tinggal, atau pun contact yang bisa dihubungi di negara yang bersangkutan.

Berpakaianlah yang Sewajarnya

Memang sih jangan lihat orang dari penampilannya, mungkin masih ada sangkut pautnya dengan negara-negara muslim maupun terroris. Memang sih sebenarnya ini perlakuan tidak adil tapi mau bagaimana lagi. Sebagai contoh misalnya mengenakan burka lengkap dengan cadarnya, maka petugas akan memeriksanya dengan sangat teliti.

Di beberapa negara dunia, khususnya Eropa, petugas akan meminta turis asing yang mengenakan burka untuk melepaskan hijab dan cadarnya. Bukan masalah diskriminatif, tapi hal ini dilakukan sebagai tindakan perventif terhadap masuknya para teroris. Namun beberapa negara tetangga lainnya selain berpakaian bercadar yang menjadi sasaran, biasanya beberapa turis yang berpakaian tidak rapi atau lusuh. hal ini akan di curigai sebagai tenaga kerja ilegal

Untuk itu, untuk  menghindari hal seperti ini , berpakainlah dengan rapi dan tidak mencolok. Jika sudah berpakaian rapi tapi tetap saja terkena random check, bersikaplah dengan tenang. Semakin melawan, petugas akan makin mencurigai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *