+6281328999230

Arung Jeram di Sungai Ello

Liburan adalah salah satu moment penting bagi setiap individu. Paling tidak dengan keluarga maupun dengan rekan kerja. Magelang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang bisa dijadikan salah satu destinasi wisata bagi semua orang, khusunya bagi mereka yang membawa anggota banyak. Tidak ada salahnya jika mencoba wisata Arung Jeram Sungai Elo.

Selain sebagai wisata petualangan, Arung Jeram merupakan salah satu wisata olahraga yang memacu adrenalin yang bisa di coba untuk mengisi waktu liburan khususnya di akhir pekan. Arung Jeram atau  Rafting merupakan salah satu kegiatan olahraga air yang banyak diminati,  karena olahraga ini seru serta menantang. Rafting biasanya diadakan di sungai yang arusnya deras untuk menambah keseruan salah satunya adalah rafting sungai elo magelang

Sungai Elo sendiri terletak  di Kabupaten Magelang – Jawa Tengah, Sungai ini mempunyi hulu dari gunung merbabu dan gunung andong serta berhilir di sungai progo. Sungai ini terletak dekat lokasi wisata Candi Borobudur serta Candi Mendut. Jika ditempuh dari Yogyakarta, kurang lebih satu jam perjalanan

Secara spesifik,karakter sungai elo memiliki jeram-jeram kelas II hingga kelas III (Curamnya medan sungai dan derasnya air) yang tergolong sangat menyenangkan namun cukup menantang.

Pengertian singkat grade kelas jeram II-III sungai elo:

  • Kelas sungai tingkat II: diperlukan keahlian dasar dalam mengayuh. Akan ada batu besar di sungai dan keahlian manuver perahu diperlukan.
  • Kelas sungai tingkat III: diperlukan keahlian mengayuh, terdapat gelombang kecil, terdapat batu besar, terdapat terjunan setinggi maksimal 4 meter. Untuk dapat mengikuti kelas sungai tingkat III, bagi pemula harus dengan guide atau pemandu sungai.

Untuk mengarungi sungai Elo dengan rafting, para peserta bisa memakan waktu kurang lebih tiga jam pengarungan. Dengan jarak tempuh kurang lebih 12 jam. Sungai Elo sangat cocok bagi pemula khususnya bagi belum pernah sama sekali melakukan olahraga ini.

Bagi para wisatawan yang ingin mengarungi sungai Elo biasanya pihak operator akan menginformasikan rundown pengarungan sungai Elo dengan itenerary dan fasilitas sebaai berikut dimana setiap perahu dapat diisi oleh 5-6 orang.

  • Satu kali snack tradisional dan kelapa muda di sajikan saat istirahat pengarungan setengah perjalanan (rest area).
  • Satu kali makan prasmanan di sajikan saat pengarungan selesai (meeting point).
  • Peserta mendapatkan sertifikat pengarungan (masing-masing peserta).
  • Lokal transpot digunakan untuk mengantar peserta. (starting dan finish point).
  • Masing masing peserta dilindungi dengan asuransi jiwa
  • Pemandu peserta rafting di sungai. (Riverguide).
  • Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (p3k) jika peserta mengalami kecelakaan ringan.
  • Masing-masing peserta akan di lengkapi dengan peralatan dayung, helem dan pelampung dan 1 perahu untuk maximal 6 peserta.
  • Tempat mandi bilas untuk peserta setelah kegiatan selesai (meeting point).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *