+6281328999230

Mengenal Benteng Vastenburg, Solo, Destinasi Wisata Sejarah di Jantung Kota Solo

Indonesia adalah negeri yang pernah di jajah oleh beberapa bangsa eropa dan jepang. Salah satu peninggalan sejarah banyak sekali tersebar di Indonesia, salah satunya adalah di kota Solo. Selain Keraton, di Solo juga ada bangunan peninggalan dari abad 17, yaitu Benteng Vastenburg.

Sebuah benteng dengan bangunan arsitektur belanda yang sudah lama di bangun sejak tahun 1745. Benteng ini berfungsi sama seperti yang berada di Jogja kawasan Malioboro, yaitu untuk mengawasi penguasa keraton, terutama di Surakarta yang berada di tengan keraton Surakarta.

Untuk menuju Benteng Vastenburg, cukup mudah. Anda cukup menuju ke kawasan jantung pusat kota Solo, tepatnya di Jl Jendral Sudirman atau tepat di depan Bank Indonesia. Meskipun benteng ini awalnya tampak rapuh dan lusuh, kini Benteng ini traveller terlihat benteng tersebut sudah banyak perubahan.

Sekeliling tembok benteng terdapat parit yang berfungsi sebagai perlindungan serta jembatan pintu di depan dan belakang Vastenburg pada saat awal berdirinya benteng tersebut. Lahan didepan benteng kini di gunakan untuk area parkir bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Solo, baik berkunjung ke PGS, Alun-alun utara maupun kawasan Keraton Surakarta dan Pasar Klewer.

Anda juga bisa melihat 4 buah sumur yang airnya sampai saat ini masih utuh, beberapa pohon beringin juga tumbuh di depan maupun belakang benteng. Tembok benteng dengan ketinggian  4 hingga 6 meter yang menjadi dinding utama benteng ini menampakkan kegagahan Benteng Vastenburg. Hingga saat ini untuk menghidupkan Benteng Vastenburg, baik halaman luar maupun dalam benteng ini sering dijadikan sebagai tempat event-event kota Solo seperti konser music hingga acara-acara kebudayaan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *